Lembar Kertas Kerja Peserta Didik Matematika Kelas 8 SMP Berbasis Budaya Batak Toba Sesuai Kurikulum 2013

Authors

  • Sinta Dameria Simanjuntak Universitas Katolik Santo Thomas
  • . Imelda Universitas Katolik Santo Thomas

Abstract

Guru mengungkapkan bahwa menyusun rencana pembelajaran sesuai kurikulum 2013 susah dan menuntut kreatifitas yang tinggi. Selain itu, dalam proses pembelajaran, guru juga kewalahan dalam menuntun siswa menemukan pengetahuannya sendiri. Akibatnya, banyak waktu yang terbuang dan pembelajaran menjadi tidak efektif.

Siswa memandang bahwa pembelajaran kurikulum 2013 tidak cocok untuk kalangan siswa, melainkan lebih cocok untuk kalangan mahasiswa. Siswa tidak mampu untuk mengembangkan pengetahuannya sendiri melalui fasilitas belajar yang disediakan. Akibatnya siswa pasif dan semakin tidak tertarik dalam mengikuti kegiatan belajar. Bahan ajar ini disusun sebagai alternative solusi untuk kendala yang dihadapi  oleg guru dan siswa. Bahan ajar ini dikembangkan sesuai tuntutan kurikulum 2013 yang memuat unsur 5M (Mengamati, Menanya, Mengumpulkan data, Menyajikan, dan Menyimpulkan). Bahan ajar ini juga memuat model pembelajaran scientific yaitu pembelajaran yang menuntun siswa untuk mengkonstruksi pengetahuannya sendiri. Pembelajaran scientific yang digunakan dalam bahan ajar ini adalah pembelajaran matematika realistic. Hal real/nyata yang disajikan dalam bahan ajar ini adalah budaya siswa itu sendiri yaitu budaya Batak Toba.

Implementasi bahan ajar ini telah mendapat respon yang positif dari guru dan siswa. Bahan ajar ini juga sudah memperoleh saran perbaikan dari ahli dan praktisi. Bahan ajar yang disajikan dalam bentuk buku ini sangat terbuka atas saran dan kritik. demi manfaat yang lebih nyata di masa yang akan datang. Atas kontribusi saran dan kritik yang diberikan, saya ucapkan terima kasih.

Downloads

Published

30-10-2018

How to Cite

Simanjuntak, S. D., & Imelda, . (2018). Lembar Kertas Kerja Peserta Didik Matematika Kelas 8 SMP Berbasis Budaya Batak Toba Sesuai Kurikulum 2013. Jayapangus Press Books, i–246. Retrieved from http://book.penerbit.org/index.php/JPB/article/view/119

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)