LOGIKA FUZZY Dengan MATLAB (Contoh Kasus Penelitian Penyakit Bayi dengan Fuzzy Tsukamoto)

Authors

  • Agung Setiawan Universitas Pasir Pangaraian
  • Budi Yanto Universitas Pasir Pengaraian
  • Kiki Yasdomi Universitas Pasir Pangaraian

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari banyak masalah yang dihadapi manusia yang berhubungan dengan matematika, sehingga dapat diistilahkan tiada hari tanpa angka dan
matematika. Awalnya manusia akan berfikir bahwa matematika hanya digunakan untuk menentukan angka-angka yang sudah pasti. Namun dengan pola fikir manusia yang makin hari makin kompleks, maka manusia mulai berfikir bisakah matematika digunakan untuk angka yang tidak pasti atau sama-samar. Dengan ditemukannya metode fuzzy, maka angka yang tidak pasti dapat diukur kini dapat diukur. Namun pengukuran ini bukan berfungsi untuk menggantikan perhitungan angka yang pasti, hanya digunakan untuk menghadapi kondisi yang tidak pasti saja.
Buku ini membahas teori dasar fuzzy hingga bagaimana menghitung fuzzy dari masukkan (fuzzifikasi) sampai dengan keluaraan (defuzzifikasi). Selain itu buku ini juga membahas tentang bagaimana cara membaca hasil perhitungan fuzzy, khususnya fuzzy Tsukamoto. Dalam buku ini juga disertakan penghitungan dengan menggunakan perangkat lunak Matlab, karena Matlab sangat mendukung untuk perhitungan fuzzy.
Kritik dan saran yang membangun penulis harapkan dari berbagai pihak demi perbaikan untuk penyusunan buku ini berikutnya. Akhir kata penulis menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada pihak yang telah membantu penulis dalam menyusun buku ini.

Downloads

Published

30-09-2018

How to Cite

Setiawan, A., Yanto, B., & Yasdomi, K. (2018). LOGIKA FUZZY Dengan MATLAB (Contoh Kasus Penelitian Penyakit Bayi dengan Fuzzy Tsukamoto). Jayapangus Press Books, i–217. Retrieved from http://book.penerbit.org/index.php/JPB/article/view/122

Issue

Section

Articles