SPIRIT DESA LOKAL PADA ERA GLOBAL Studi Desa wisata Pengelipuran Bangli Bali

Authors

  • I Nyoman Raka STAHN Mpu Kuturan Singaraja

Abstract

Buku ini mengangkat isu kebertahaan desa lokal pada era global, dengan pendekatan kritis. Dengan pendekatan ini diharapkan dapat mengungkap spirit yang mendasari kebertahanan desa lokal pada era global. Guna dapat mendukung ketuntasan penelusuran data dan ketuntasan kajian, digunakan tiga teori yakni, teori Eksistensi, teori Globalisasi dan teori Dekonstruksi. Untuk mendapatkan data valid, dan menghindari subjektivitas informan digunakan pendekatan hermeneutic Paul. Dengan pendekatan ini diharapkan buku berjudul, Spirit Desa Lokal pada Era Global, mendapatkan hasil yang lebih tuntas dan komprehensif.

References

Abdullah dkk, 2009. Dinamika Masyarakat dan Kebudayaan Kontemporer. Pustaka Pelajar
Ardika, Iwayan. 1996. Dinamika Kebudayaan Bali, Denpasar: Upada Sastra
Artur Asa Berger, Tanda-Tanda Dalam Kebudayaan Kontemporer, (Yogyakarta: Tiara Wacana, 2000), hal 1-5.
Berger, Asa, Artur. 2000. Tanda-Tanda Dalam Kebudayaan Kontempore. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Karim, Abdul, Sukandi. 1999. Sang Pujangga; 70 Tahun Polemik KebudayaanMenyongsong Satu Abad S. Takdir Alisyahbana. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Klostermaier, Klaus, K.1990. A Survey of Hinduism. New Delhi, India: Mushiram Manoharlal.
Mahadevan, T.M.P. 1984. Outlines of Hinduism. Bombay, India: Chetana.
Mahari Natih, G.1994. Peranan Umat Beragama dalam memantapkan Kesatuan Bangsa, Makalah Menyambut Nyepi Tahun 1916 Caka, dalam Umat Beragama dan Persatuan Bangsa, Jakarta: Pahara Nyepi 1916 Caka, Korpri-ABRI-Umat Hindu.
Nehru, Jawaharlal. 1960. The Discovery of India. London, United Kingdom: Meridian Book.
Pitana, I Gde dkk. 2011 kearifan lokal di tengah modernisasi. Jakarta: Pusat Penelitian dan Pengembangan Kebudayaan Badan Pengembangan Sumber Daya Kebudayaan dan Pariwisata Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia.
Poespawardojo, Soerjanto. 1993. Strategi Kebudayaan; Suatu Pendekatan Filosofis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Soerjanto Poespawardojo, Strategi Kebudayaan; Suatu Pendekatan Filosofis, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1993), hal 87-90.
Sukandi Abdul Karim, Sang Pujangga; 70 Tahun Polemik Kebudayaan Menyongsong Satu Abad S. Takdir Alisyahbana, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1999), hal 5-7.

Downloads

Published

01-11-2018

How to Cite

Raka, I. N. (2018). SPIRIT DESA LOKAL PADA ERA GLOBAL Studi Desa wisata Pengelipuran Bangli Bali. Jayapangus Press Books. Retrieved from http://book.penerbit.org/index.php/JPB/article/view/405

Issue

Section

Articles